belajaraktif.com-Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah berpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan pendidikan bahkan di dunia. Dunia pendidikan harus mau mengadakan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan dan sekolah. Tidak hnaya inovasi dibidang kurikullum, sarana – prasarana, namun inovasi yang menyeluruh dengan menggunakan teknologi informasi dalam dunia pendidikan. Teknologi pendidikan dapat mengubah cara Teknologi pendidikan sering kali diasumsikan dalam persepsi yang mengarah elektronika padahal konsep teknologi mengandung pengertian yang luas Berdasarkan definisi 1994, Teknologi pemeblajaran adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk belajar. Komponen definisinya adalah teori dan praktek , desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian proses dan sumber untuk keperluan belajar.( Miarso, Yusufhadi: 2004)

Definisi teknologi pembelajaran
Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk dikembangkanya pendekatan pembelajaran. hal ini seiring dengan perkembangan psikologi peserta didik, dinamika sosial, serta dinamika sistem pendidikan pada setiap negara yang terus berubah. (M. Musfiqon dan Nurdyansyah. N.: 2015)
UU No 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 2 menerangkan bahwa “Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan zaman. Oleh karena itu, perancangan dan perkembangan pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan IPTEK.( Nurdyansyah & Luly Riananda: 2016)
Nurdyansyah meperejelas “The education world must innovate in a whole. It means that all the devices in education system have its role and be the factors which take the important effect in successful of education system”.(Nurdyansyah, Pandi Rais, Qorirotul Aini:2017)
Proses pembelajaran melibatkan berbagai pihak, tidak hanya melibatkan pendidik dan siswa. Namun, peran dari bahan ajar juga sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dimaksudkan untuk tercapaianya suasana tertentu dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik nyaman dalam belajar.(Nurdyansyah. N., Andiek Widodo: 2015)
Hakikat belajar yaitu proses interaksi dari selururh kondisi disekitar peserta didik. Belajar diartikan suatau proses pengarahan untuk pencapaian tujuan dan proses melakukan perbuatan melalui pengalaman yang diciptakan. (Nurdyansyah. N., Eni fariyarul Fahyuni: 2016. Untuk mencapai kompetensi perlu ada pengukuran / penilaian. Penilaian hasil belajar memerlukan sebuah pengolahan dan analisis yang akurat. (Nurdyansyah. N., Andiek Widodo: 2015)
Secara etimologi kata teknologi berasal dari kata “techne” yang artinya berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu atau pengetahuan tentang prinsip – prinsip atau metode. Pendidikan teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa berarti keseluruhan sarana untuk menyediakan barang – barang yang di perlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia, sedangkan teknologi sangat mempunyai peranan penting bagi pendidikan.
pendidikan merupan investasi setiap Negara, apalagi bagi negara yang berkembang yang giat membangun Negaranya . Mutu pendidikan tergantung kepada mutu guru dalam membimbing proses belajar – mengajar .Sejak berabad – abad orang berusaha untuk mencari jalan meningkat mutu metode mengajar dengan prinsip – prinsip atau asas – asas dedaktif. Namun demikian di anggap bahwa mengajar itu masih terlampau banyak merupakan seni yang banyak bergantung kepada bakat dan kepribadian guru.Di zaman kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini, para ahli berusaha untuk meningkatkan mengajar itu menjadi suatu ilmu atau science . Dengan metode mengajar yang ilmiah, di harapkan proses belajar mengajar itu lebih terjamin keberhasilannya . inilah yang sedang di usahakan oleh teknologi pendidikan . sebuah obsesi bahwa pada suatu saat, mengajar atau mendidik itu menjadi suatu teknologi yang dapat dikenal dan dikuasai langkah – langkahnya.
Teknologi pendidikan memandang sebagai suatu masalah yang harus di hadapi secara rasional dengan menerapkan metode pemecahan masalah. Di samping itu perkembangan teknologi pendidikan didunkung oleh perkembangan yang pesat dalam media komunikasi seperti radio, televise, internet dan ynag dapat dimanfaatkan bagi tujuan instruksional.(Eveline Siregar:2004)

Penerapan teknologi
Penerapan teknologi pembelajaran baru tersebut akan membawa perubahan besar yang berpengaruh terhadap administrasi dan fasilitas sekolah, metode pembelajaran, serta peranan guru dan siswa.
Agar teknologi pembelajaran yang baru tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal diperlukan suatu profesi baru yang berperan dalam pengelolaan dan penyusunan desain, implementasi dan evaluasi program pendidikan secara penuh.
Teknologi merupakan bagian integral dalam setiap budaya. Makin maju suatu budaya, makin banyak dan makin canggih teknologi yang digunakan. Meskipun demikian masih banyak di antara kita yang tidak menyadari akan hal itu. Teknologi diterapkan di semua bidang kehidupan, di antaranya bidang pendidikan. Teknologi pendidikan ini karenanya beroperasi dalam seluruh bidang pendidikan secara integratif, yaitu secara rasional berkembang dan terjalin dalam berbagai bidang pendidikan. (Cece Wijaya: 1992)
Teknologi pendidikan adalah sebuah konsep yang sangat kompleks dan memiliki definisi yang kompleks pula. Bilamana kita berfikir tentang Teknologi Pendidikan, kita dapat memikirkannya dalam tiga cara yaitu sebagai konstruksi teoritik, sebagai bidang garapan dan sebagai profesi.(Answari, Media Pembelajaran: 2002)

Fungsi media dalam pembelajaran
Selain untuk menyajikan pesan sebenarnya ada beberapa fungsi lain yang dapat di lakukan oleh media. Namun jarang sekali di temukan seluruh fungsi tersebut di penuhi oleh media komunikasi dalam satu system pembelajaran. Sebaliknya suatu program media tunggal sering kali dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus secara simutan fungsi tersebut antara lain :
Memeberikan pengetahuan tentang tujuan belajar.
Pada permulaan pembelajaran, siswa perlu di beru tahu tentang pengetahuan yang akan di perolehnya atau keterampilan yang akan di pelajarinya. Kepada siswa harus di pertunjukkan apa yang akan di harapkan darinya, apa yang harus dapat di lakukan iuntuk menunjukkan bahawa ia telah menguasai bahan pelajaran.dan tingkat kemahiran yang di harapkan.untuk pemebelajaran dalam kawasan perilaku psikomotorik atau kognitif, media visual khususnya yang menampilkan gerak dapat mempertunjukkan kinerja yang harus di pelajari siswa. Dengan demikian dapat menjadi model perilaku yang diharapkan dapat di pertunjukkannya pada akhir pembelajaran.
Memotivasi siswa
Salah satu peran yang ummum dari media komunikasi adalah memotivasi siswa. Tanpa memotivasi, sangat mungkin, pembelajaran, tidak menghasilkan belajar. Usaha untuk memotivasi siswa sering kali di lakukan dengan menggambarkan sejelas mungkin keadaan di masa depan, di mana siswa perlu menggunakanhan pengetahuan yang telah di peroleh. Jika siswa menjadi yakin tentang relevansi pembelajaran dengan kebutuhannya di masa depan, ia akan termotivasi mengikuti pembelajaran.
Media yang sesuai untuk menggambarkan keadaan masa depan adalah media yang dapat menunjukkan (show) sesuatu atau menceritakan(tell) hal tersebut.bila teknik bermain peran di gunakan seperti lawak atau drama pengalaman yang di raskan siswa akan lebih kuat. Film juga seringkali di produksi dan di gunakan untuk tujuan motivasi dengan cara yang lebih alami.
Menyajikan informasi
Dalam system pembelajaran yang besar yang terdiri dari beberapa kelompok dengan kurikullum yang sama, media seperti film dan televisi dapat di gunakan untuk menyajikan informasi . Guru kelas bebas dari tugas mempersiapkan dan menyajikan pelajaran, ia dapat menggunakan energinya kepada fungsi- fungsi yang lain seperti merencanakan kegiatan siswa, mendiagnosa masalah siswa, memberikan konseling secara individual. Ada tiga jenis variasi penyajian informasi:

  1. Penyajian dasar, membawa siswa kepada pengenalan pertama terhadap materi pembelajaran, kemudian di lanjutkan dengan diskusi, kegiatan siswa atau “review” oleh guru kelas.
  2. Penyajian pelengkap, setelah penyajian dasar di lakukan oleh guru kelas, media di gunnakan untuk membawa sumber- sumber tambahan ke dalam kelas, melakukan apa yang tidak dapat di lakukan dengan cara apapun.
  3. Penyajian pengayaan, merupakan informasi yang bukan merupakan bagian dari tujuan pembelajaraan, di gunakan karena memiliki nilai motivasi dan dapat mencapai perubahan sikap dari dalam siswa

Merangsang diskusi
Kegunaan media untuk merangsang diskusi sering kali disebut sebagai papan loncat, diambil dari bentuk penyajian yang relative singkat kepada sekelompok siswa dan di lanjutkan dengan diskusi. Format media biasanya menyajikan masalah atau pertanyaan, sering kali melalui drama atau contoh pengalaman manusia yang spesifik. Penyajian media di harapkan dapat merangsang pemikiran, membuka masalah, menyajikan latar belakang informasi dan memberikan fokus diskusi. Film atau video sering kali digunakan untuk tujuan ini.
Mengarahkan kegiatan siswa
Pengarahan kegiatan merupakan penerapan dari metode pembelajaran yang disebut metode kinerja atau metode penerapan . Penekanan dari metode ini adalah pada kegiatan melakukan . Media dapat di gunakan secara singkat atau sebentar –sebenta untuk mengajak siswa mulai dan berhenti. Dengan kata lain program media digunakan untuk mengarahkan siswa melakukan kegiatan langkah. Penyajian bervariasi , mulai dari pembelajaran sederhana untuk kegiatan siswa, seperti tugas pekerjaan rumah sampai pengarahan langkah demi langkah untuk percobaan laboratorium yang kompleks. Permainan merupakan metode pembelajaran yang sangat disukai khususnya bagi siswa sekolah menegah, memiliki nilai motivasional yang tinggi, melibatkan siswa lebih baik dari pada metode pembelajaran yang lain.
Melaksanakan latihan dan ulangan
Dalam belajar keterampilan, apakah itu bersifat kognitif ataun psikomotorik. Pengulangan respons – respons dianggap sangat penting untuk kemajuan kecepatan dan tingkat kemahiran. Istilah “drill” di gunakan untuk jenis respons yang lebih sederhana seperti menerjemahkan kata- kata asing atau mengucapkan kata – kata asing “Practice” biasanya berhubungan dengan kegiatan yang lebih kompleks yang membutuhkan koordinasi dari beberapa keterampilan dan biasanya merupakan penerapan pengetahuan, misalnya latihan olahraga tim atau individual, memecahkan berbagai bentuk masalah. Penyajian latihan adalah proses mekanisme murni dan dapat di lakukan dengan sabar dan tak kenal lelah oleh media komunikasi, khususnya oleh media yang dikelola oleh komputer. Laboratorium bahasa juga salah satu contoh media yang di gunakan untuk pengulangan dan latihan.

Menguatkan belajar
Penguatan sering kali disamakan dengan motivasi, atau digolongkan dalam motifasi. Penguatan adalah kepuasan yang dihasilkan dari belajar, di mana cenderung meningkatkan kemungkinan siswa merespons dengan tingkah laku yang diharapkan , setelah diberikan stimulus. Penguatan paling efektif diberikan beberapa saat setelah respons diberikan. Karena itu harus terintegrasi dengan fungsi media yang membangkitkan respon siswa, seperti fungsi 3,4,5,6,8, jenis penguatan yang umum di gunakan adalah pengetahuan tentang hasil . suatu program media bertanya kepada siswa, kemudian siwa menyusun jawabannya atau memilih dari beberapa kemungkinan jawaban. Setelah siswa menentukan jawabannya, ia sangat termotivasi untuk segera mengetahui jawabannya, ia sangat termotivasi untuk segera mengetahui jawaban yang benar . Jika jawaban siswa benar dan ia tahu, ia di kuatkan , bahkan jika jawabannya salah , evaluasi dari jawabannya , menujukan seberapa dekat jawabannya mendekati kebenaran, juga dapat menguatkan. Media apa pun yang dapat di gunakan untuk menyajikan informasi juga mampu menyajikan pertanyaan dan merangsang siswa untuk menjawab. media apa pun yang mampu melakukan fungsi ini, ia juga mampu memberikan jawaban benar terhadap responsnya, sehingga memberikan latihan terhadap perilaku yang kompleks yang mampu membutuhkan lingkungan khusus. Contoh yang sering di temukan adalah simulator mobil yang di gunakan latihan dan simulator pesawat yang di gunakan untuk terhadap pertanyaan kognitif setelah siswa di beri kesempatan menjawab, sehingga memungkinkan membandingkan dan memperoleh pengetahuan tentang hasil seseorang mungkin.

Memberikan pengalaman simulasi
Simulator adalah alat untuk menciptakan lingkungan buatan secara realistis dapat merangsang siswa dan bereaksi pelatihan pilot. Instruktuf biasanya menjadi bagian dari system, memberikan penilaian segera dan menyelipkan kerusakan pada system untuk memberikan siswa latihan mengatasi masalah. Media komunikasi sering kali memegang peranan penting dalam simulasi, sejak siswa harus mengkomunikasikan informasi kepada mesin dan sebaliknya mesin menginformasikan pengguna tentang pencapaiannya. Simulator tidak terbatas pada system yang kongkret dan “self contained” tetapi dapat di aplikasikan pada system yang lebih abstrak seperti ekonomi nasional dari Negara kuno, anggaran belanja system sekolah atau fungsi bantuan kedutaan dalam negara Afrika. Program computer dapat memungkinkan simulasi system yang kompleks, menerima masukan dari siswa, menghitung hasil dan menginformasikan kepada siswa melalui media komunikasi tentang perubahan yang di lakukan dalam system. Jenis lain dari simulasi adalah permainan, mensimulasikan system yang kompetitif dengan dua atau lebih siswa atau kelompok belajar berinteraksi satu sama lain. Karen asangat mirip dengan simulator yang dapat merefleksikan kenyataan, permainan dapat mengembangkan respon yang siap ditransfer ke dunia yang sebenarnya. Bermain peran juga merupakan bagian dari teknik simulasi yang dapat di gunakan untuk merekam suatu pertemuan antara siswa dan seseorang yang mensimulasikan kehidupan nyata seseorang siswa di latih berinteraksi dengannya. (Dewi Salma Prawirdilaga: 2008)

By Syamsul Rizal

Dosen Tetap IAI Diniyyah Pekanbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *